Jumat, 08 April 2011

Konseling

Hulaaaaaaaaaaaaaaa

 Kali ini mau ngebahas soal konseling. Awal mula ini jadi gini, kita kan dapat questionnaire tentang psikologi gitu waktu lagi dilab TIK. Terus keluar hasilnya toba-tiba Bu Yeni bilang :
BY : "ini nih buat *diamanggilnamanakanakx2dansalahsatunyague* nih kamu isi lagi ini. yg dapet  ini berarti kamu org stres"
*jleb* shock *hening*   maksudnya apaaaaaaaaa?! JADI GUE STRES GITU SOK TAU YE. Waktu itu anak2 lain ngetawain gue juga panik sendiri. eh pas masuk kelas pertama ternyata kita udah ketemu sm Pakar Psikologi gt apa perawat gt dr UI lupa deh. Dan ternyata ga cuma X2 yg ada disitu hehehe *seenggaknyakalogitugueadatemensetresnya *plak. Nah pas disitu anak-anak kan pada teriak-teriak "Kita orang stres kita orang stres" Sampe guru TOEFL pun pas masuk kekelas ngmg " Oh, ini yg pada stres?yaudah lanjutin" sakitr atiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii bangett .Terus pas udah perkenalan sama ibu2nya dan blablabla nah dia ngejelasin.
Ibunya : "Pasti kamu heran dan ngira kamu semua stres ya?Kamu salah besa. Ibu ini dateng kesini karena emang tugas untuk memberikan penyuluhan kepada para remaja yg kami fokuskan di kota Depok. Prinsipnya gini, kalo ada penyuluhan tentang penyakit jantung apakah itu buat org yg kena penyakit tsb?Gak kan?Pasti diberi penyuluhan agar kita terhindar dari hal itu. Intinya kamu semua disini adalah wakil dr kota depok untuk membantu mengurangi dampak stres yg sering ini dialami para remaja. Justru yg gak ikut itu bisa jadi stres" 
Wahaaaaaaa langsung pada tenang dan ngetawain yg gak ikut karnea mereka malu org ngecengin kita eh taunya elu yg stres wakakak . Hari pertama masih sedikit ngga ngerti tp banyak ngasih solusi dan membuat kita lega buat nyeritain semua masalah dan yg penting Kita selalu dapet makanan abis konseling HUAHAHAHAHAHA ketawa setan wakak . Tadi siang kita dapet ilmu baru. Katanya ada beberapa cara dalam memmbuat fikiran kita lebih jernih dan terhindar dari fikiran negatif. Ini nih :
  1.   Melakukan metode stop.
            Ini bukan lagu ya *stopkaumencurihatikuhatiku~* jayus. Tadi kita udah praktekin caranya dan membantu loh. Jadi gini, pertama kita coba pejamkan mata terus coba pikirin masalah yg bener-bener ganggu fikirain kita. Renungin sampe nangispun gak apa-apa. Selama 5 menit kurang lebih. Setelah itu lo bayangin lo mengendarai sepeda motor yg kencennnnnnnnng bgt tp tiba-tiba didepan lo ada lampu merah. Daripada ketabrak. Lo bilang teriakin "STOP!" dan buka mata lo. Ini akan membantu kalian :]


      2.  Metode Karet Gelang
                 Ya ini buat kalian yg banyak fikiran tp kalian lagi dalam perjalanan. Gak mungkin kan kalian tiba2 diangkot gitu merem terus teriak stop -____________- yg ada tukang angkotnya berenti dikira mau turun dan kalian dikira gila ini yg paling repot _-_ Jadi gini, Coba kalian pikirin hal yg sama kaya metode yg petama td tapi saat lo udah ngerasa cukup jepretin tu karet ketangan lo ampe sakit dan lo bakal terbangun kan dr renungan itu.
       3. Siapin hari 
Jadi, lo harus bikin jadwal. Ya jd ada hari dimana lo harus ngerenungin semua maslah lo dan nemuin solusi untuk hari itu juga. Ini supaya lo gak mikirin masalah itu setiap hari. Ngeganggu bgt kan kalo lo stres mulu tiap hari? Walaupun secara bertahap dr lo yg harus butuh 2 kali seminggu lama-lama bakal berkurang dan semua pikiran yg ada bakal ilang secara bertahap.  

Selamat mencoba ya teman-teman :)) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar